Senin, 23 Januari 2012

APLIKASI PUPUK TGH PADA PADI


·         Apa keuntungan menanam padi dengan menggunakan PUPUK  ORGANIK CAIR TGH JIMON
a.       hemat pupuk (kimia/kompos/kandang) sebanyak 50%, pupuk kimia sekarang sangat mudah di dapatkan...namun dengan menggunakan TGH penggunaan pupuk bisa berkurang sebesar 50%. selain menghemat biaya, petani bisa panen 3-4x dalam setahun
b.      Gulma dan tanaman liar berkurang......Padi lebih cepat tumbuh, daun lebih cepat tinggi, sehingga pertumbuhan gulma ato rumput liar terhambat akibat sinar matahari terhalang oleh daun padi yang sudah tumbuh cepat. Selain itu, karena sifatnya dekomposer, maka sisa jerami akan lebih cepat hancur dan menekan tumbuhnya gulma.
c.       Lebih tahan terhadap hama penyakit....Tanaman lebih tinggi, batang dan daun lebih kokoh dan sedikit daun yang layu dan kering sehingga walaupun padi sudah tinggi namun sinar matahari masih sampai ke dasar (karena tidak tertutupi daun yang kering), dank arena lahan lebih bersih dan akan mengurangi hama tikus.
d.      Anakan lebih banyak. Dengan TGH JIMON, batang lebih besar, bisa 1,5 kali lebih besar,anaknya lebih banyak bisa mencapai 35-40 anakan,dan daunnya lebih rimbun. Tanpa TGH, batang lebih kecil, anakan hanya mencapai 18s/d24 dan daun lebih sedikit.
e.       Panen lebih cepat...Padi yang ditanam dengan TGH biasanya lebih cepat seminggu atau 10 hari, karena itu anda harus siapkan pengusir burung lebih cepat dari biasanya saat anda belum menggunakan TGH.
f.       Panen lebih cepat juga bisa dipanen sebelum hama tikus datang.
g.      Bulir lebih berisi(bernas). Lebih sedikit gabah yang kosong, dan jumlah bulir padi lebih banyak.
h.      Beras lebih tahan lama dan tidak menguning.
i.        Mutu dan peningkatan hasil gabah kering panen menjadi lebih baik.
j.        Ramah lingkungan dan tidak meninggalkan Residu Pestisda.
k.      Tanah semakin lama semakin subur.


·         BAGAIMANA APLIKASI TGH JIMON PADA SAAT PEMBIBITAN
Rendam benih semalam sebelum penyemaian dengan larutan TGH Jimon secukupnya. Satu tutup TGH Jimon (kemasan 1 L) dilarutkan dalam satu liter air.


Persiapan lahan persawahan yang akan ditanami menggunakan PUPUK TGH

·         BAGAIMANA APLIKASI TGH JIMON PADA SAAT PENANAMAN
Tiga hari sebelum penanaman bibit padi, siram/semprotkan TGH Jimon pada lahan sawah.Pada tahap ini dibutuhkan 2 botol TGH Jimon yang dicampur dengan 200 L air bersih.Biasanya sebelum ditanam, lahan diolah terlebih dahulu dengan cara di bajak atau di cangkul.
Apabila pada proses ini menggunakan pupuk kandang / kimia maka tetap gunakan pupuk seperti biasa, hanya dosis bisa dikurangi hingga 50%.
Penggunaan pupuk kimia / kandang bisa dilakukan pagi hari, dan sorenya bisa disiram TGH Jimon ini. Artinya pemakaian pupuk kandang / kimia ini harus dilakukan 1 hari sebelum tanam.

·         BAGAIMANA APLIKASI TGH JIMON APABILA DIKOMBINASIKAN DENGAN PUPUK KIMIA
1.      Aplikasi TGH Jimon ke-1
3 hari sebelum penanaman bibit padi ,siram/semprotkan larutan TGH pada lahan sawah. Pada tahap ini dibutuhkan 2 botol TGH yang dicampur dengan 200 L air bersih.
2.      Aplikasi pupuk kimia ke-1
15 Hari setelah tanam beri pupuk kimia, pengunaannya mengacu seperti pemakaian biasa, di sesuaikan dengan anjuran yang diajukan PPL (PeTugas Peyulu Lapangan) setempat, hanya saja dosisnya dikurangi 50%.
3.      Aplikasi pupuk kimia ke-2.
45 hari setelah tanam, berikan pupuk kimia sesuai penggunaan yang diajukan pihak PPL hanya saja dosisnya dikurangi 50%.
4.      Aplikasi TGH Jimon ke-2 (Terakhir).
Saat bunting padi, biasanya air sawah lebih sedikit, Berikan 3 botol TGH Jimon dicampur dengan 400 L air.
Dikarenakan tanaman padi sudah lebat usahakan sprayer dibuka lebih besar agar larutan semprotan bisa jatuh sampai kepermukaan.

Jadi CUKUP 2x APLIKASI, ini akan lebih menghemat waktu dan uang Anda !
 


 
project percontohan sawah TGH di Cianjur. Pertumbuhan padi usia 43 hari dg TGH sama spt usia 51 hr tanpa TGH. Mantaapp.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar